Salam Semua..

Thanks udah ke my BLOG.. Disini qta saling berbagi pengetahuan aja. Saya akan kasih semua ilmu saya ke anda.. Jadi Klo anda butuh informasi.. Gak Usah Rusuh.. Gak Usah Banyak Bacot.. Dah Diem Dan Baca

CARA MEMBANGUN JARINGAN NGEBLOG YANG SALING MENGUNTUNGKAN

Seorang rekan kerja saya beberapa kali ditawari posisi di perusahaan lain walaupun dia tidak melamar posisi tersebut. Ketika saya bertanya mengapa hal itu bisa terjadi, rekan kerja tersebut menjawab bahwa dia memiliki banyak teman atau kolega di beberapa perusahaan. Dengan kata lain, dia membangun jaringan dengan banyak kolega tersebut.
Apakah jaringan perlu dalam dunia ngeblog? Saya berpendapat perlu. Berikut alasan dan cara-cara membangun jaringan ngeblog.
Jika Anda memiliki jaringan dengan banyak blogger, maka mereka akan dengan senang hati membacklink postingan Anda, merekomendasikan blog Anda ke orang lain, dan bahkan membantu menjualkan produk atau jasa Anda.
Cara membangun jaringan ngeblog
1. Buat daftar para blogger yang setopik dengan blog Anda
Berapa banyak blogger yang harus ada dalam daftar Anda? Tidak ada aturan bakunya. Bergantung dari selera Anda (semakin banyak semakin baik).
Lalu, bagaimana cara menemukan blogger yang setopik dengan blog Anda? Cara termudah dengan mengetikkan topik blog Anda di Google Blog. Cara lain adalah dengan blogwalking.
2. Perkenalkan diri Anda
Ketika Anda telah membuat daftar para blogger, Anda harus memperkenalkan diri kepada mereka. Gunakan alamat email atau contact form mereka.
Di bawah ini adalah poin-poin ketika Anda memperkenalkan diri:
• Jangan bertele-tele. Langsung informasikan bahwa Anda menghubungi mereka untuk memperkenalkan diri.
• Sebutkan bahwa blog Anda (disertai URL-nya) memiliki topik yang sama dengan mereka.
• Informasikan bahwa Anda menyukai konten blog mereka dan Anda akan melink-nya.
Berikut adalah contoh pesan untuk mengilustrasikan poin-poin di atas.
Halo [nama blogger yang dihubungi],
Saya menghubungi Anda untuk memperkenalkan diri. Nama Saya adalah….[nama Anda], dan saya juga memiliki blog dengan topik…[topik blog Anda]. URL-nya adalah…
Saya berpandangan bahwa konten Anda sangat menarik, dan Saya akan merekomendasikan beberap konten tersebut kepada pembaca blog saya.
Salam hangat,
[nama Anda]

3. Link (trackback) beberapa postingan mereka
Aturan baku dari membangun jaringan adalah memberi sebelum menerima. Jika Anda ingin para blogger tersebut melink ke blog atau postingan Anda, link-lah postingan atau blog mereka terlebih dahulu.
Cara melinknya bisa dengan membuat postingan link atau melink-nya dalam postingan relevan Anda. Jika postingan link Anda tidak terlacak dalam trackback atau pingback mereka, maka yang Anda harus lakukan adalah menginformasikannya via email atau contact form.
4. Sokong mereka
Selain melink konten mereka, Anda juga mesti menyokong mereka dengan cara lain. Berikut contoh-contohnya:
• Rekomendasikan blog mereka ke teman Anda
• Rekomendasikan produk atau jasa mereka
• Wawancarai mereka
• Kirimkan postingan mereka yang Anda rasa bermanfaat ke situs sosial (facebook, tweeter, Lintas Berita,dan sebagainya)
5. Informasikan Postingan Berkualitas Anda ke mereka
Ketika Anda membuat postingan berkualitas, informasikan postingan tersebut ke mereka melalui email atau contact form. Dalam menghubungi mereka, hindari meminta mereka melink ke tulisan tersebut. Anda cukup menyebutkan bahwa mereka akan menyukai postingan tersebut.
Berikut contoh pesan yang mengilustrasikan pernyataan di atas:
Halo [nama blogger yang dihubungi],
Saya baru saja membuat postingan berjudul …….[nama postingan Anda]. Saya optimistis Anda menyukainya. URL-nya adalah…..
Salam
[nama Anda]
Dengan pendekatan seperti ini, mereka akan senang hati membaca postingan Anda (tanpa ada paksaan). Jika mereka menyukai postingan tersebut, mereka berpeluang melinknya.
Jika mereka tidak melinknya, Anda jangan putus asa. Teruskan membuat postingan berkualitas dan ulangi cara ke-3 sampai dengan ke-5. Cepat atau lambat mereka akan memback link postingan Anda.
Kesimpulan
Pada prinsipnya, membangun jaringan ngeblog adalah memberi sebelum menerima. Dengan menerapkan kelima cara di atas, cepat atau lambat Anda akan memperoleh jaringan ngeblog. Tentunya, jaringan ini sangat menguntungkan bagi Anda dan mereka.

Gabung YUk